Sabtu, 26 Juli 2008

Apa itu hosting dan domain???

Suatu saat anda mencari data tentang hosting dan domain. Anda mungkin akan segera membuka google dengan mengetikan keyword “hosting domain ialah”, “hosting domain adalah”, “hosting domain yaitu”, dan sebagainya. Bila iya, maka anda tidak perlu repot-repot mencarinya digoogle. Datang saja kesini. Dengan alasan itulah blog ini ada. Artikel ini akan membahas sedikit tentang istilah-istilah tersebut.

Jadi apa itu hosting? Apa pula itu domain?

Hosting

Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Entah itu situs perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya. Setiap situs yang hendak kita buat online sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host. Kini banyak tersedia host-host yang ditawarkan yang ada di internet. Mulai yang berbayar, sampai yang gratis sekalipun. Yang gratis biasanya nama domain yang kita dapatkan hanyalah subdomain dari situs induk dimana kita mendaftar disitus tersebut. Contoh situs yang gratis adalah www.cjb.net www.000webhost.com www.ripway.com dan masih banyak lagi.

Mungkin anda bertanya, bila ada hosting yang gratis, mengapa harus pakai yang berbayar? Ini pertanyaan yang menarik dan situasional menurut penulis. Domain berbayar menawarkan anda fitur-fitur yang tentu saja lebih lengkap dibanding yang gratis. Contohnya tersedianya fitur-fitur seperti: fitur FTP, fitur webmail, fitur mysql, bebas iklan yang tidak kehendaki, dan yang lain sebagainya.

Situasional? Mengapa saya tulis demikian? Karena bila anda dalam keadaan darurat, atau kemampuan finansial anda sedang down, tidak ada salahnya menggunakan hosting gratis. Toh yang terpenting itu nama domain situs anda. Orang-orang akan mengingat domain anda tersebut jikalau memang menarik.

Sedangkan hosting gratis banyak batasannya. Kita tidak bisa menentukan space yang akan kita gunakan, sering adanya iklan-iklan yang tidak kita kehendaki, aksesnya yang lambat, dan lain sebagainya.

Domain

Domain adalah nama situs anda yang unik di dunia internet. Unik disini berarti nama situs anda hanya andalah pemiliknya di internet. Contohnya google.com. Apakah ada situs lain selain google yang namanya sama? Tentu saja tidak ada. Nama google di internet hanya satu. Tidak seperti nama manusia, bisa jadi nama wita ada banyak orang yang menggunakannya bukan. Tentu saja.

Jadi domain adalah identitas anda diInternet. Kartu elektronis anda diinternet. Peluang bisnis anda diinternet.

Sedikit tentang teori domain. Sebenarnya, domain itu sendiri adalah alat pengingat untuk mempermudah manusia dalam mengakses komputer diinternet. Dalam dunia jaringan komputer, dikenal dengan nomor ip. Nah sebenarnya itulah kode yang digunakan komputer untuk mengakses suatu situs. Contoh nomor ip diinternet adalah 202.134.1.155. Itu hanya baru satu situs. Bayangkan bila anda bekerja pada beberapa situs yang berbeda. Tentu akan susah mengingat angka-angka tersebut bukan. Maka dari itulah dibuat fasilitas domain. Bila diumpamakan lagi, domain itu bagaikan buku telepon pada sebuah handphone. Orang-orang tentu lebih mengingat nama dibandingkan nomor telepon bila hendak ingin menghubungi seseorang bukan.

Memilih webhosting dan domain yang bagus

Banyak situs-situs webhost (penyedia jasa hosting) yang menyediakan hosting dan domain dengan harga yang beraneka ragam. Kebanyakan harga-harga yang ditawarkan tidak lagi semahal waktu yang dulu. Metode pembayarannya pun beragam. Mau dibayar perbulan, pertahun, dsb.

Penulis mempunyai rekomendasi bagi anda yang hendak membuat situs online di internet, webhosting apa yang bagus untuk situs anda. Rekomendasi penulis adalah www.dijaminmurah.com. Bukan hanya karena blog ini merupakan afiliasi terhadap web tersebut maka penulis merekomendasikannya :D lebih dari itu, www.dijaminmurah.com merupakan webhost yang banyak menguntungkan para penggunanya. Coba saja anda buka situs nya. Disana anda akan terkejut melihat harga yang ditawarkannya. Anda bisa melihat hosting yang letaknya di Indonesia yang berukuran 500 MB saja dihargainya sebesar Rp. 22.500 perbulan. Apabila anda hendak memilih yang pertahun, maka anda akan hemat 35%. Yaitu anda cukup membayar sebesar Rp.240.000. Bayangkan bila anda memilih webhosting yang lain yang rata-rata perbulan berkisar antar Rp.50.000 perbulan untuk 100 MB hosting saja. Bila hitungannya pertahun, anda bisa hitung sendiri. Disamping itu, proses nya pun relatif singkat. Penulis pernah membuat hosting untuk salah satu klien penulis. Sesaat dia transfer uang kepada admin www.dijaminmurah.com kira-kira beberapa menit kemudian hosting dan domain pun sudah aktif.

Untuk hosting dengan space sebesar 500 MB dan Bandwidth sebesar 30 GB, penulis cukup membayar Rp.240 pertahun. Untuk domain .com penulis membayar RP.67.500 pertahun. Aktivasi gratis. Total pengurusan selama 1 Tahun adalah Rp. 307.500. apalagi bila anda menggunakan server diluar Indonesia, biayanya akan lebih murah dari harga tersebut. Tapi koneksi agak sedikit dibawah server indonesia karena alasan jarak. Tapi dengan harga yang lebih terjangkau yang ditawarkan akan tetap menguntungkan anda. Karena itulah penulis merekomendasikan situs ini.

Untuk domain, pilihlah domain yang sesuai dengan situs anda. Bila situs anda merupakan organisasi, maka pakailah domain .org. Bila situs anda merupakan universitas di Indonesia, pakailah domain .ac.id. Bila situs anda bergerak dibidang bisnis, pakailah domain .com. Tapi semua itu kembali kepada anda. Terserah anda mau pakai yang mana anda suka. Tidak menutup kemungkinan bila situs anda merupakan situs organisasi, anda memakain domain .com sebagi domain anda, atau sebaliknya. Tidak ada yang melarang

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 

Wassalam.

102 komentar:

Anonim mengatakan...

thanx banget ya boss..., gw jadi lebih tau lagi neeh,.... thanx banget dah, ditunggu nich postingan yang lainna...!!! ciao

Anonim mengatakan...

maturnuwun bgt pokoke,aku jd sdkt tau tntg dom/host,yg tadinya sm sekali blm tau..hy satu saranku,klau bs ksh hrga lbh murah lg dong..bt aku yg br bljar..yg kejangkau biar aku dpt beli.. koment dariku..email:ozie_kalem@yahoo.com..tlp:085723924481

marlet mengatakan...

sip lah, coco buat aku yg lagi pengen belajar banyak mengenai dunia internet

daffa mengatakan...

keterangannya mantap... maternuwun sanget..................

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum...

makasih bgt atas informasinya....mudah2an ini akan bermanfaat....

Wassalam...

okapopin mengatakan...


Free Web Hosting
| Web Hosting Murah | Reseller Web Hosting | Cheap VPS hosting

UNLIMITED Murah Web Hosting (website hosting) dengan CPANEL 11, Front Page Ext, Free Domain, TIDAK banyak menjual web hosting, Website Builder (500 Template) - 45 hari uang kembali hosting. Jaringan hosting web kami dijamin 99.99% uptime.

Rahmat mengatakan...

a good info...
ma kasih ya mas...

ninuk triwahyuni mengatakan...

saya sudah membaca tulisan tentang hosting dan domain, tetapi saya kurang memahami.Apakah anda bisa membantu karena saya ingin bisnis di bidang ini. terima kasih

mortgage refinancing mengatakan...

trima kasih infonya tentnag web hosting ya.

Memang sulit-sulit gampang nyari webhosting company yang sesuai dengan selera, paling tidak: murah, handal, mudah dalam penggunaan (competible) dan di dukung oleh support admin yang friendly dan cepat, walaupun kita yang ngambil paket ekonomis.

by the way? untuk perusahaan hosting di Indonesia? yang mana yang direkomendasikan bro?

ina mengatakan...

artikel mantab...
makasih kag :D
jdi tau :D

admin mengatakan...

bagus dan mudah di cerna oleh pemula seperti saya.

Unknown mengatakan...

makasih bos....smoga bermanfaat bgiku yang bru blajar nech

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah... sekarng baru rada ngeh ttg hosting dan domain. Semoga barokah buat penulis.amin
salam
harypml@gmail.com

Power Wheel Zone mengatakan...

maturnuwun bgt pokoke,aku jd sdkt tau tntg dom/host,yg tadinya sm sekali blm tau..hy satu saranku,klau bs ksh hrga lbh murah lg dong..bt aku yg br bljar..yg kejangkau biar aku dpt beli.. koment

william colins mengatakan...

ok, sekarang saya sedikit paham. tapi ada satu hal. begitu banyak penyedia hosting yang gratis dan berbayar. apa kl mau buat domain harus di hosting nya? ato buat domain d tmpt lain yang gratis, tapi hosting nya cari yang bagus? apa perlu?

PAK JENGO mengatakan...

Trims, info hosting dan domainnya sangat berguna bagi saya yang pemula. Salam kenal semua, by PAK JENGO - KREKOK MUSIK - http://laguplusmotivasi.blogspot.com/

Toni Hart Praja mengatakan...

Makasih nih.. akhirnya jadi mengerti apa itu hosting dan domain...
Sedikit banyak sudah membantu dan bermanfaat...
Thanx Atos...

octavian's world mengatakan...

thanks bangetttt...akhirnya tau juga apa artinya hosting dan domain... :)

wina mengatakan...

slam kenal gan....mantep bgt postingannya....di tunggu posting lainnya

Fikar mengatakan...

bgs bnaget artikelnya..ditunggu yang lain

http://sangaji52.blogspot.com

Kharis Lala mengatakan...

assalam wr..

terimakasih mas atas informasinya..saya lagi cari-cari tempat hosting yang "pelayananya" bagus. maklum saya baru di dunia web..
http://cafebisnis-21.blogspot.com

Raidy mengatakan...

thx bro infomasinya...

check my portfolio http://raidysign.blogspot.com/

duniatekno64 mengatakan...

Bagus sekali informasinya, mari kita menjalin kekerabatan dengan cara tukar link, silakan daftarkan situs saya http://eCa.sh/duniatekno64 saya akan umpan balik .

Thanks ~

MUFID COMPUTER DAN MUFID CELL PURWODADI mengatakan...

maksih bos tapi bagaimana caranya menyeting ftp sever yang berbasiss linux

MUFID COMPUTER DAN MUFID CELL PURWODADI mengatakan...

mas aku mau tanya bagaiman cara mnyeting ftp sever yang berbasis linux mas sebelumtya makasih banget

Bang Naga mengatakan...

makasi Bro.. akhir nya tau juga nih apa arti dom/host..

ditunggu postingan selanjutnya baroo..

okewebku.com mengatakan...

postingan yang mantap n lagi nyari juga ne....
thanks ya..

sekalian promosi ne kalau ada yang mau buat web silahkan ke alamat ini http://okewebku.com/

Unknown mengatakan...

maksihh dahh..

Unknown mengatakan...

thaks bos.atas informasinya...
artikel ini sangat bermanfaat bgi saya yg awam bangt di dunia internet..

Anonim mengatakan...

emmmm,,, kalau pembahasan look@host gak da pa bosss......
butuh ne....

sohrah mengatakan...

makasi banyak ya boss...
klw bis mh lebih murah lagi atuh...
soalnya pengen nyobain nih...

rullyherbal mengatakan...

makasih ga informasinya...sangat bagus..

Informasi Internet dan Teknologi mengatakan...

Ada Hosting yang GRATIS

TANPA IKLAN....

CEK DISINI....!

misteruban mengatakan...

Nice info gan, penjabarannya bikin jelas dan nambah ilmu.. thankyou thankyou.. sukses terus buat blognya.. mampir juga di blog saya gan di http://misteruban.blogspot.com

Irfan Pinandhityo mengatakan...

terima kasih artikelnya sangat bermanfaat buat saya yang masaih newbie..

Ants Kaka mengatakan...

mau tanya sob,,,kalo kita mau beli domain,,apakah harus beli hosting juga?trs kalo gak beli hosting apa efek nya?saya feeds dulu nih komentnya,,salam kenal makasih...

SACRED 99th Ground mengatakan...

saya save dan saya pelajari lagi masbro, bagus ni uraiannya lebih lengkap dan terstruktur

Tim O'Conner mengatakan...

Aslmkm agan2. Saya hg_ "the mimin" di blog ini. Blog ini saya lupa passwordnya hehe. Jadi saya sring update2nya diblog baru saya

http://nafisnotes.blogspot.com

Cekidot yo. Makasih atas komentar2nya. Sy sangat senang mendengarnya. Kebanyakan positif :)

Tim O'Conner mengatakan...

Aslmkm agan2. Saya hg_ "the mimin" di blog ini. Blog ini saya lupa passwordnya hehe. Jadi saya sring update2nya diblog baru saya

http://nafisnotes.blogspot.com

Cekidot yo. Makasih atas komentar2nya. Sy sangat senang mendengarnya. Kebanyakan positif :)

Mau Bikin Website +Hosting Murah AbizZ? Ke Rajawebhost.com aja! mengatakan...

Informasi ini sangat membantu saya mas... terimakasih

MDz Blog mengatakan...

terima kasih banget sob infonya, saya jadi mengerti apa itu Hosting dan apa itu Domain.

Didik mengatakan...

hosting itu pakai server ya?

Gaya Blogger mengatakan...

Bagi newbe macam saya ini, tutorialnya sangat berguna.. oya websitenya kreen sob,, jika berkenan berkunjung juga ke blog saya yah... ditunggu

muklisin mengatakan...

mau beli keripik surga harga dunia kunjungi dan nikmati.
http://www.jceibepotato.com/index.php?idraf=muklisin


mau gabung dengan kami kunjungi:
http://www.jcebipotato.co/index.php?action=affiliate.main&indref=muklisin




mau beli jam surga harga dunia kunjungi. http://www.viralgen.com/slapia/muklisin


mau bergabung dengan kami di afiliate marketing kunjungi
http://www.viralgen.com/jvslapia/muklisin

Gurun Suganda mengatakan...

Artikel sejenis di blog ini lumayan ngebantu..

Definisi & Penjelasan Teknologi Web Host (http://www1.quadesert.com/2013/07/definisi-dan-penjelasan-web-hosting/)

solo on line mengatakan...

mantap gan infonya.......saya jadi lebih mengerti

resep masakan mengatakan...

ingin belajar lebih jauh tentang hosting

dadiw mengatakan...

makasih y infonya

FEBRI GAMESOFT - www.mas-feb.com mengatakan...

Thanks infonya gan

myhome interior mengatakan...

Saya masih binggung gan he he he .bisa kirim lebih detail ke email saya. myhomeinterior22@gmail.com.saya berharap agan bisa bantu saya.makasih

SEO | Adsense | Blogger | Movie | Anime | Kata-Kata | Kesehata | DLL. mengatakan...

Free Download Hacking Tool,Cheats,Keygen,Crack,Bot,Generator 100% Working visit Free Hacking Tool & Cheats

Unknown mengatakan...

Aslm...
Mas,ijin bisa hub mas....mau buat web trs dihosting sesuai recomend mas...bs hub saya di 081519782000
Trmksh
Wslm.ft

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah makasih infonya gan!!
http://blog-medianet.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

makasih infonya...

NES mengatakan...

Bagus postingan.a, tambah ilmu lagi hhe

Unknown mengatakan...

kalau buat bisnis online itu gmn ya , apa pakai domain dan hosting juga , dan bagai mana cara gunakannya , pengen punya bisnis online ciptaan sendiri , 082374339967

Unknown mengatakan...

Top mas!!!

Unknown mengatakan...

Sekarang sayaa mengerti (y) Tq :)

Unknown mengatakan...

dari sekian banyak artikl yg sy buka, cuman ini yang paling bisa dimengerti bahasanya.. makasih ya... sy jd ngerti langsung stelah selesai baca, awal nya kya orng bego pelongo san sini.. ga paham sama sekali soal domain dan hosting soal nya...

Anonim mengatakan...

wah manteb gan pengertiannya.

kalau ingin membeli hosting, saya anjurkan membeli yang ini karna harganya murah berkualitas:

solusi web hosting untuk blogger

Web Hosting terbaik untuk blogger

MetroWorld Host, solusi web hosting

ambar mengatakan...

hehehee, aku baru tau, makasih kak infonya :) thanks bangettt

Jasa Buat Website mengatakan...

Info dan masukan yang bermanfaat bro.. tp selain hosting dan domain boleh donk tambahin artikel tentang CMS dan Framework... mohon dibantu ya...
regrats http://jasabuatwebsite.co/

Tutorial Android mengatakan...

blog ini memang bagus, karena sudah sejak 2008 berdiri :)

Anonim mengatakan...

Web Hosting Blogger

yes mengatakan...

bermanfaat infonya
MetroWorld Host, Solusi web hosting terbaik untuk blogger

Anonim mengatakan...

sangat membantu om, terima gaji..

lansboy mengatakan...

waah keren bos sangat menambah pengetahuan saya..

Unknown mengatakan...

info yang bermanfaat bagi bloger pemula makasih banyak ,, di tunggu ya silaturahmi baliknya hehe..

racerdath mengatakan...

Ilmu lagi,.. Sedikit2 nambah pengetahuan. Thanks

Tips Tricks Android mengatakan...

Beli hosting yang bagus dimana ya?

Berkah Guru mengatakan...

sngt bermamfaat

vazdancer mengatakan...

wah saya baru tau soal hosting, makasih banyak gann

Tukang cat surabaya mengatakan...

Terima kasih infonya semoga bermanfaat bagi kita semua

Unknown mengatakan...

Wahhh trmksih infina...sangat membantu sekali...tq..tq

Unknown mengatakan...

terimakaasih atas info nya. artikel yang bagus.
ingin membuat web design dengan harga terjangkau silahkan klik link www.estuwebhost.co.id

Yogi Permana mengatakan...

Terima kasih informasinya Gan, info yang menarik buat Saya

Agustbali mengatakan...

Terimakasih informasi dan ilmu yg sangat bermanfaat...

Dety Anggraeny mengatakan...

Terima kasih informasinya , mudah mudahan bermanfaat untuk saya pribadi.

staffsinteniki mengatakan...

kalo hosting murah itu maksimal nggak ya gan?

Unknown mengatakan...

wah bermanfaat sekali infonya, mantab! kalo agan-agan mau beli Domain Murah bisa di IDWebHost.com Jasa web host & domain murah No 1 di Indonesia aja gan.

Anonim mengatakan...

Blog copy paste cok,, cacad!

MarketingC3 mengatakan...

Sangat bermanfaat infonya.

bagi yang ingin belajar mengenai SEO bisa dilihat di situs berikut ini
Belajar SEO

Kodefan mengatakan...

Terima kasih atas infonya..

Nikmati layanan web hosting dengan teknologi litespeed web server tanpa tunggu-tungguan hanya di Dream Line Host

KIM | Kaya Itu Mudah mengatakan...

thank gan infonya

KARINA WENNY mengatakan...

makasih info nya semoga berguna buat orang banyak
http://harianindonesiasport.blogspot.com/
http://pkr6.blogspot.co.id/

nurifai mengatakan...

mkasih gan atas info, saya sekrang tahu apa itu hosting.. dan menambah ilmu baru buat saya

Unknown mengatakan...

Mkasih kak, berguna banget.....

Unknown mengatakan...

mau tanya ini gan.. saya pesan dibuatkan web hosting disalah satu situs,. setelah jadi mereka kirim alamat web saya "www.....mpro.me". yg mau saya tanyakan arti dari mpro.me ini apa ya, kq ga sperti biasa yg sering muncul disitus lain. thx gan

Rizki Arief Maulana mengatakan...

Buset Gan! Terperinci banget! Mantep dah! Nebar manfaat.... Btw Gan, minta pendapat WebHosting yang anda Rekomendasi kan pernah down ga? Tks

Rizki Arief Maulana mengatakan...

Buset Gan! Terperinci banget! Mantep dah! Nebar manfaat.... Btw Gan, minta pendapat WebHosting yang anda Rekomendasi kan pernah down ga? Tks

juragan trik and tips mengatakan...

mantafgan sampai ke akarnya

Unknown mengatakan...

Masih bingung...

hosting indonesia mengatakan...

penjelasannya sederhana dan benar memang begitulah hosting. ya bisa diibaratkan rumah/bangunan dalam dunia nyata.

Starttrex mengatakan...

Ok.

Estka Eko Fadhil mengatakan...

Makasih ya ka atas pengetahuannya tentang hosting sama domain. jadi kalau kita punya blog, kan sudah ada hosting dari bloggernya, hanya perlu mengganti domain saja kan? CMIIW

kandra mengatakan...

luar biasa.

penjelasannya sangat lengkap bagi saya yang pemula ini. Apa kekurangan menggunakan hosting gratis ya om?
kalau kelebihan sudah pasti kelihatan dari sisi finansialnya
hehehe

SITUS PKV JUDI QQ ONLINE mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Iklanplasa mengatakan...

Tks atas infonya gan

adhan wirahadi mengatakan...

halo gan bagi anda yang sudah paham soal hosting dan domain tapi belum mengerti bagaimana caranya menggunakan hosting bisa baca panduan saya disini https://papazziseo.blogspot.com/2017/01/panduan-memesan-hosting-di-niagahoster.html

Cozy Blog mengatakan...

Apakah jika kita tidak membeli hosting dan domain link blog kita tidak dapat dilihat orangnlain

chik cchaa mengatakan...

I think this is among the most important info for me. And i’m glad reading your article.
webcare360

jimu jee mengatakan...

i am a fan of most us tv shows like Oprah and Ellen, i really enjoy watching tv shows
offshoreservers.net