Senin, 17 November 2008

Translate situs Berbahasa Inggris ke Indonesia

Translate situs Berbahasa Inggris ke Indonesia

Assalamu'alaikum wr.wb.

Tanpa bermaksud menghina orang-orang yang belum lancar berbahasa Inggris, pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagi tips untuk anda mengenai bagaimana cara mempermudah membaca situs-situs berbahasa inggris agar bisa berbahasa Indonesia.

Semoga dengan artikel ini benturan masalah bahasa bisa terpecahkan, minimal sedikit, sehingga kita lebih bebas lagi menimba ilmu dari berbagai situs yang tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari mancanegera.

Selamat membaca.



Tentunya bagi teman-teman yang kurang lancar berbahasa Inggris (atau bahasa lainnya), merupakan suatu ketidaknyamanan tersendiri saat hendak menimba ilmu atau membaca beberapa artikel yang berbeda bahasanya dengan bahasa kita sehari-hari. Misalnya, artikel-artikel yang berguna masih banyak yang berbahasa Inggris, teknologi terkini orang-orang Jepang atau Jerman, dan lain sebagainya.

Adakah solusi yang tepat? Bagaimana dengan translate bahasa keseluruhan situs kedalam bahasa Indonesia? Bagaimana caranya? Nah begini bos... ayo mari... silahkan...

Alhamdulillah, om google sudah beberapa waktu lalu telah meluncurkan produk yang namanya Google Translate (http://translate.google.com) google translate ini walaupun masih versi beta, tapi sudah sedemikian bermanfaatnya untuk kita. Selain berfungsi sebagai kamus perkalimat (bisa mentranslate beberapa kata sekaligus) juga bisa digunakan untuk mentranslate keseluruhan situs. Bukankah itu luar biasa??? tentunya sangat bermanfaat bagi kita yang hendak membaca-baca artikel penting yang berbeda bahasanya dengan bahasa kita.

Langsung saja kita coba kemampuan google translate ini. Bukalah situs http://translate.google.com. Tampilan terakhir dari yang saya buka, google translate beta terdiri dari beberapa tab dan isi. Tab-tab itu adalah Text and Web, Translated Search, Dictionary, Tools. Mari kita bedah satu-satu ^^

Text and Web

Terdiri dari:

  • Translate Text

    Digunakan untuk mentranslate beberapa kata atau kalimat, dan ditranslate kedalam beberapa bahasa. Gunakan kotak original teks untuk mengisikan kata-kata atau kalimat yang anda ingin translat kan. Lalu pada bagian bawah kiri, pilih bahasa dari kalimat yang anda isikan tadi. Lalu pada sebelah kanannya, pilih bahasa yang hendak anda translate kan. Lalu klik translat. Bila berhasil, anda akan mendapati hasil translate pada bagian sebelah kanan kotak original text.

  • Translate a Web Page

    Digunakan untuk mentranslate satu situs keseluruhan. Cara menggunakannya masukan alamat situs yang diinginkan. Lalu pada bagian bawahnya sama seperti langkah diatas. Bila sudah diklik translate maka akan keluar situs yang bersangkutan yang keseluruhan teksnya sudah di translate ke bahasa yang anda pilih sebelumnya. Tapi... kenapa ada banner yang masih dalam bahasa asalnya? Itu dikarenakan google translate hanya melakukan translate pada bagian teks saja. Banner adalah bentuk image yang tidak ditranslate oleh google. Loh... kok bahasanya agak aneh??? Nah satu lagi kelemahan program translator semacam ini, kata-kata yang ditranslatekan kadang tidak akurat. Tapi untuk ukuran sebuah program translator, google translate ini merupakan program yang luar biasa.

Translated Search

Digunakan untuk mencari teks yang ada pada artikel suatu situs di internet dan langsung mentranslatenya kedalam bahasa yang kita pilih.

Dictionary

Adalah kamus yang menjelaskan suatu kata berdasarkan kata pada bahasa yang anda pilih. Misalnya anda ingin mengetahui arti dari sebuah kata “religion” dengan penjelasan bahasa inggris, maka ketiklah kata tersebut dan pilih “English Dictionary” sebagai bahasanya, lalu klik translate. Maka akan keluar penjelasan tentang kata tersebut. Sayangnya, pada saat terakhir penulis tulis artikel ini, disana belum terdapat bahasa indonesia sebagai kamus katanya.

Tools

Pada halaman ini, anda bisa menambahkan tools aplikasi google translate ke situs anda. Contohnya anda memiliki situs/blog dalam bahasa Indonesia dan anda menginginkan ada translator untuk membantu pembaca yang tidak mengerti bahasa kita. Anda bisa menambahkan tools google ini disitus anda. Caranya? Berdasarkan langkah-langkah disana, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pada “Select the language of your webpage:” pilih bahasa situs anda. Misalkan situs anda berbahasa Indonesia, maka pilihlah Indonesia.

  2. Pada “Copy and paste the HTML below to include the gadget on your webpage.” kopilah kode anda yang ada disana lalu pastekan ke script situs anda.

  3. Selesai.

Demikian pembahasan tentang google translate ini, bila ada yang kurang jelas, penulis haturkan maaf, anda bisa buat pertanyaan dan dilayangkan di e-mail penulis. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Wassalam


3 komentar:

Unknown mengatakan...

Maafkan atas kelancangan saya sebagai sesama muslim saya hanya melakukan kewajiban saja untuk saling mengingatkan bahwa salam yang anda tulis itu sbb: “Assamu'alaikum wr.wb.” Kalimat itu bukanlah salamnya orang islam tapi salamnya non muslim

Sedikit koreksi dari saya BERHATI-HATILAH DALAM MENULIS/MENGUCAPKAN SALAM “tolong perhatikan kalimat salam yang anda tulis itu..! di situ anda menulis “Assamu'alaikum wr.wb.” dan bukan “Assalamu'alaikum wr.wb.” tahukah anda apa artinya ASSAMU’ALAIKUM? itu artinya “SEMOGA KEMATIAN MENIMPA BAGI KAMU/KALIAN” karena makna “ASSAMU” adalah “KEMATIAN” sehingga jika mendapatkan kalimat seperti itu diharuskan bagi kita menjawab Assamu’alaikum itu dengan kalimat “WA’ALAIKUM” saja, yg artinya “DAN SEMOGA JUGA BAGI KAMU/KALIAN”. Jawaban itu juga berlaku bagi salamnya non muslim, baik yg ditulis/diucapkannya itu sesuai maupun tidak sesuai dengan salamnya orang Islam maka jawabannya tetap seperti itu.

Allah berfirman:
“Dan apabila mereka datang kepadamu, mereka mengucapkan salam kepadamu dengan memberi salam yang bukan sebagai yang ditentukan Allah untukmu. Dan mereka mengatakan kepada diri mereka sendiri: “Mengapa Allah tiada menyiksa kita disebabkan apa yang kita katakan itu?” Cukuplah bagi mereka neraka jahanam yang akan mereka masuki. Dan neraka itu adalah seburuk-buruk tempat kembali.” (Q.S.58.8)

ASSAMU’ALAIKUM ADALAH SALAMNYA NON MUSLIM

Berkata Hisyam bin Zaid bin Anas bin Malik: Saya pernah mendengar Anas bin Malik berkata: Seorang Yahudi pernah lewat dihadapan Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam lalu dia mengucapkan (salam dengan ucapan): ASSAAMU’ ALAIKA. Maka Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam menjawabnya: “WA’ALAIKA. Kemudian Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda (kepada para Shahabat): “Tahukah kamu apa yang dia ucapkan? Dia mengucapkan (salam kepadaku dengan ucapan): AS SAAMU’ALAIKA.” Para shahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, bolehkan kami membunuhnya? Beliau menjawb: “Jangan! (Tetapi) apabila Ahlul Kitab memberi salam kepada kamu maka jawablah: “WA’ALAIKUM (saja).”(HR. Bukhari no. 6926).

Allah berfirman:
“Dan apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa).Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.” (QS. An Nisaa’ : 86).

Ayat tersebut sebagai perintah Allah yang bersifat UMUM dan MUTLAK. maka dari itu dapat dikeluarkan suatu hukum juga yang berkaitan dengan SALAM yaitu bahwa menjawab salamnya orang non muslim yang ditujukan kepada kita, baik salam yang diucapkannya itu sesuai maupun tidak sesuai dengan salamnya orang Islam adalah tetap WAJIB hukumnya bagi kita orang islam menjawabnya dengan “WA’ALAIKUM (Dan semoga juga bagi kamu/kalian)” dengan tidak berlaku kasar, krn yg demikian itu ajaran rasulullah kepada para sahabat sebagaimana hadits di atas yaitu menjawabnya dg kalimat serupa dalam maksud yg terkandung didalamnya.

komputerbagipemula mengatakan...

Terima kasih Bos. Saya memang khilaf menuliskannya :) Jazakalloh Khoiran Katsiron.

Baju Anak Branded mengatakan...

Alhamdulilah sudah sering menggunakannya dan memang sangat membantu saya, walaupun kadang kadang terjemahannya bisa sangat membingungkan karena memang kadang acak acakan tapi minimal paham maksudnya